Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan bahan lunak adalah salah satu jenis kerajinan yang berasal dari bahan yang memiliki sifat lunak. Contoh kerajinan bahan lunak mempunyai sifat lentur, lembut, empuk dan umumnya sangat mudah sekali di bentuk sesuai dengan keinginan tanpa melalui proses yang berat.

Untuk dapat membuat kerajinan lunak, maka seorang pengrajin harus mempunyai skil yang cukup agar mampu dan mudah membuat suatu hasil kerajinan yang berasal dari bahan lunak tersebut.

Nah, untuk Anda yang ingin mengenal lebih dalam lagi apa itu kerajinan bahan lunak. Mari simak sedikit pembahasan tentang berbagai hal kerajinan lunak.

Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak

Kerajinan bahan lunak adalah salah satu hasil kerajinan tangan yang dibuat dengan memakai bahan yang lentur sehingga mudah sekali untuk dibentuk.

Pada umumnya didalam prosesnya, kerajinan ini akan dibentuk terlebih dahulu, lalu dikeringkan agar kerajinan ini dapat mengeras dan dapat diletakkan sebagai hiasan.

Banyak sekali contoh kerajinan yang dapat Anda buat dengan memakai bahan dasar lunak tersebut, antara lain anyaman, gelass lilin dan tentunya masih banyak lagi. Dimana kerajinan inilah dapat Anda gunakan sebagai souvenir.

Kerajinan dari bahan lunaik ini juga telah menjadi salah satu bentuk peluang usaha yang cukup besar, hal ini disebabkan karena kerajinan ini dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Bukan hanya itu, sebab sifatnya yang mudah dibentuk menjadi berbagai macam karaket juga yang dapat menyebabkan kerajinan ini banyak diminati.

Jenis Bahan Lunak untuk Kerajinan

Bahann lunak ini sendiri terdiri dari dua jenis yang berbeda, dimana pada jenis-jenis bahan lunak ini diantaranya sebagai berikut ini!

1. Bahan Lunak Alam

Bahan lunak alam adalah bahan yang dipakai untuk membuat kerajinan yang didapatkan langsung dari alam.

Bukan hanya bahannya saja, akan tetapi melainkan cara pembuatannya juga tergolong cukup ekonomi tanpa memakai berbagai macam campuran. Seperti tanah liat, bubur tisu, kulit, dan getah.

2. Bahan Lunak Buatan

Sedangkan bahan lunak buatan adalah bahan yang didapatkan dari hasil olahan yang dicampur dengan memakai bahan kimia sehingga bisa didapatkan tekstur yang lunak. Seperti lilin, paraffin, sabun dan gips.

Contoh Kerajinan dari Bahan Lunak

Pada penjelasan kali ini, kami akan menjelaskan tentang jenis bahan lunak yag dipakai dan diberikan contoh asli kerajinan yang dapat dibuat berdasarkan jenis bahan tersebut.

1. Kerajinan Bahan Lunak dari Serat Alam

Contoh kerajinan dari bahan lunak yang pertama yaitu kerajinan yang terbuat atau dihasilkan dari serat alam. Dimana untuk kerajinan ini dapat Anda buat dengan sangat mudah.

Yaitu memakai teknik anyam dengan menggunakan bahan yang digunakan bisa berupa daun lontar, daun pandan dan serat yang dihasilkan dari pohon pisang dan tentunya masih banyak lagi lainnya.

Bahan serat alam inilah dapat Anda rubah menjadi berbagai macam kerajinan misalnya tempat tisu, bingkai foto, alas gelas, tas, keranjang dan masih banyak lagi.

Dimana dalam kerajinan tersebut juga dapat dijual kembali dengan nilai jual yang cukup tinggi.

2. Kerajinan Bahan Lunak dari Clay

Clay atau polymer clay adalah jenis tanah yang dapat mengeras, banyak sekali kerajinan yang dapat dibuat menggunakan clay ini, hal ini disebabkan clay termasuk kedalam jenis bahan yang mudah untuk dibentuk dan juga akan mengeras jika dipanaskan.

3. Kerajinan Bahan Lunak dari Lilin

Kerajinan berikutnya adalah kerajinan dari bahan lunak lilin, dimana dalam proses pembuatannya sagat mudah jika dibandingkan dengan kerajinan yang dibuat dari clay atau serat alam.

Cara membuatnya yaitu dengan cara mencairkan lilin terlebih dahulu dengan memakai api atau kompor. Berikutnya bentuk lilin yang sudah mencair tersebut dengan memakai bentuk cetak tertentu.

Contohnya Anda bisa meletakkan kedalam cetakan yang berbentuk bunga dan kemudian dinginkan. Maka hasil yang diperoleh juga sangat cantik, sehingga Anda juga dapat menjual kembali kerajinan tersebut.

4. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun

Apabila Anda mengerti, ternyata sabun batangan atau sabun mandi juga dapat dibuat dengan berbagai macam kerajinan atau bahkan souvenir yang sangat cantik.

Cara membuatnya yaitu hanya tinggal mengukir sabut batangan tersebut menjadi bentuk yang telah diinginkan, baik itu ukiran berbentuk bunga atau lainnya.

Kerajinan dari bahan sabun ini dapat Anda jadikan sebagi pilihan souvenir, sebab sabun batangan bisa Anda ukir menjadi bentuk yang sangat cantic.

Hal yang perlu Anda ketahui, ternyata bukan hanya mengukir saja, melainkan kerajinan dari sabun ini juga dapat Anda buat dengan cara mencairkan dan juga dicampur sagu lalu dicetak memakai cetakan.

5. Kerajinan Bahan Lunak dari Gips

Gips adalah bahan mineral yang apabila sudah berbentuk padat maka tidak akan bisa mencair kembali di dalam air. Dimana untuk membuat sebuah kerajinan yang menarik dan tentunya mudah untuk dibentuk.

Cara membuatnya yaitu gips harus dicairkan terlebih dahulu, sama dengan cara pembuatan kerajinan dari sabun dan lilin, dimana kerajinan dari gips ini membutuhkan sebuah cetakan agar dapat membentuk sebuah kerajinan yang sesuai dengan keinginan.

Dimana cetakan inilah yang bernama silicone rubber, sebab cetakan tersebut yang dapat membuat kerajinan yang unik.

6. Kerajinan Bahan Lunak dari Kulit

Dimana kerajinan dari bahan kulit merupakan jenis kerajinan yang memakai bahan dasar kulit alami, kulit inilah harus melalui beberapa proses terlebih dahulu sebelum dipakai. Umumnya kerajinan dari kulit ini dilakukan dengan cara teknik ukir dan teknik menjahit.

Adapun kulit yang biasa digunakan yaitu kulit mentah atau sintetis yang berasal dari hewan kambing, kerbau, buaya, sapi atau ulat. Dimana produk ini biasa dibuat menjadi produk seperti tas, sepatu, jaket dan lainnya.

7. Kerajinan Bahan Lunak dari Kertas Bubur

Apakah Anda mengerti, ternyata bubur kertas juga bisa dijadikan sebagai kerajinan yang sangat indah dan cantik.

Dimana untuk cara membuatnya juga sangat mudah dan ekonomis, yaiut dengan cara menyobek kertas lalu dilarutkan kedalam air.

Tunggu sampai menjadi bubur dan lalu Anda bisa mencetaknya, baik itu menjadi tempat tisu, tempat pensil dan masih banyak lagi.

Apabila sudah terbentuk sesuai dengan keinginan Anda, maka keringkan kerajinan tersebut, agar tampilannya lebih kelihatan cantik Anda juga dapat menambahkan warna.

8. Kerajinan Bahan Lunak dari Tanah Liat

Kerajinan yang dibuat dari bahan tanah liat tentunya sudah tidak asing lagi untuk Anda semuanya, dimana memang tanah liat telah menjadi salah satu bahan yang bisa dikreasikan mnejadi berbagai macam kerajinan yang memiliki nilai seni cukup tinggi.

Sehingga tidak heran lagi, apabila kerajinan yang telah dibuat dari tanah liat juga dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi juga.

Adapun contoh dari kerajinan yang bisa dibuat dari tanah liat yaitu vas bunga, gelas, celengan, mangkuk dan masih banyak lagi lainnya.

9. Kerajinan Bahan Lunak dari Teknik Menenun

Contoh kerajinan dari bahanĀ  lunak yang selanjutnya yaitu kerajinan dengan teknik menenun. Dimana kerajinan ini dibuat dengan bahan dasar benang yang didapatkan dari ulat.

Menenun adalah teknik yang mirip dengan menganyam, menenun dapat menghasilkan berbagai macam kerajinan baik itu baju, sarung, atau lainnya.

Kerajinan yang dibuat dari teknik menenun ini dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi, sebab proses pembuatannya yang cukup memakan waktu dan bahan yang cukup susah untuk didapatkan, sehingga tidak heran apabila harga yang ditawarkan juga begitu tinggi.

10. Kerajinan Bahan Lunak dari Rotan

Rotan adalah salah satu bahan yang biasa dipakai untuk membuat produk kerajinan dari bahan lunak alami.

Umumnya, kerajinan dari bahan serat alami ini diolah menjadi berbagai jenis furniture dengan harga yang luar biasa. Contohnya seperti kursi, vas bunga, ayunan dan masih banyak lagi.

11. Kerajinan Bahan Lunak dari Getah Nyatu

Sebagian orang mungkin masih asing dengan salah satu kerajinan bahan lunak alami yang ini, getak nyatu adalah salah satu jenis kerajinan bahan lunak yang khas dari daerah Kalimantan Timur.

Mengingat pohon nyatu adalah jenis tanaman eksotis dan hanya tumbuh di dua daerah di Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu Pangkalan Bun dan kota Palangkaraya.

Bahan lunak alami yang ini biasa dibuat dan juga dibentu menjadi produk-produk dekorasi ruangan, mulai dari patung, kapal laut dan lainnya.

Proses pembuatannya juga tidak sembarangan, karena membutuhkan beberapa usaha yang tidak mudah.

Untuk dapat menghasilkan getah dari pohon nyatu, pengrajin harus merebus batang pohon nyatu sebanyak tiga kali.

Kemudian, barulah bisa dilanjutkan dengan beberapa proses lainnya yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

12. Kerajinan Bahan Lunak dari Eceng Gondok

Untuk dapat menghasilkan produk dari bahan eceng gondok Anda memerlukan waktu yang lumayan lama.

Pertama eceng gondok harus dibersihkan terlebih dahulu dan kemudian dijemur sampai benar-benar kering. Umumnya proses pegeringan bisa memakan waktu sampai satu minggu.

Setelah eceng gondok kering, barulah disortir berdasarkan warna dan juga panjangnya. Apabila proses penyortiran tersebut selesai, eceng gondok kering direndam dalam larutan hydrogen peroksida (H2O2) selama enam jam.

Hal ini agar eceng gondok menjadi lebih bersih, menghilangkan jamur yang menempel dan menghilangkan flek-flek.

Jika sudah lalu tanaman eceng gondok dijemur lagi selama kurang lebih tiga hari lalu dibelah menjadi lembaran-lembaran dengan ukuran yang bervariasi agar mudah dianyam.

Pada umumnya, lembaran inilah yang dibuat menjadi kerajinan dan menyesuaikan dengan pola yang sudah disiapkan.

13. Kerajinan Bahan Lunak dari Kulit Jagung

Tidak hanya memiliki manfaat untuk dikonsumsi, tanaman jagung juga dapat menjadi sebuah pilihan untuk membuat sebuah kerajinan.

Untuk bagian dari tanaman jagung yang bisa dijadikan sebagai kerajinan yang cantik yaitu kulitnya.

Kebanyakan orang mungkin akan membuang kulitnya setelah mengupas dan juga mendapatkan jagungnya yang untuk dikonsumsi.

Padahal kulitnya juga dapat dipakai untuk menciptakan kerajinan yang sangat ciamik dan bagian untuk dijadikan sebagai dekorasi rumah.

Salah satu contoh kerajinan yang bisa Anda buat dengan bahan kulit jagung adalah dengan membuat bunga yang cantik

14. Kerajinan Bahan Lunak dari Parafin

Paraffin adalah bahan lunak yang berasal dari hasil olahan minyak bumi. Bentuknya yaitu lempengan, akan tetapi ada juga yang berbentuk butiran.

Jenis kerajinan yang diolah memakai bahan paraffin yaitu lilin hias. Selain itu, paraffin juga biasa diolah menjadi lilin untuk pengobatan. Jadi, selain untuk hiasan, paraffin juga dapat dipakai untuk pengobatan.

Itulah sedikit penjelasan tentang contoh kerajinan berbahan lunak, dimana sebetulnya masih banyak kerajinan-kerajinan yang dapat Anda buat dengan memakai bahan lunak ini.

Jadi, tunggu apalagi mari Anda manfaatkan berbagai macam jenis bahan lunak menjadi barang yang dapat menjadi ladang penghasilan untuk Anda, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi para pembaca dan terima kasih.

 

Tinggalkan komentar